Saturday, January 26, 2019

Membiasakan Sarapan, Sebelum Belajar


Membiasakan Sarapan, 
Sebelum Belajar

         Sarapan adalah hal utama dalam menjaga kesehatan tubuh. Sarapan membuat tubuh lebih kuat dan sehat. Seperti yang sudah tertera dalam semboyan “Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”. Dengan menyiapkan sedikit makanan untuk menunjang energi pada aktivitas kita sehari-hari. Terutama, sarapan itu diusahakan mengandung karbohidrat serta beberapa vitamin dan protein. Dengan menjaga kesehatan tubuh akan mempermudah kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

         
Pentingnya sarapan bagi tubuh kita. Beberapan keuntungan kita melakukan sarapan setiap pagi, yaitu kita dapat melakukan aktifitas tanpa ada gangguan dalam mengatur kondisi perut. Selain itu, kita dapat menyerap ilmu yang dari sumber makanan yang kita dapatkan saat kita belajar atau bekerja. Tidak kalah pentingnya juga, sarapan membuat kita membiasakan perilaku hidup sehat. Hal itu menunjukkan kita lebih berkarakter akan kedisiplinan diri kita dalam menjaga kesehatan tubuh.
     Sarapan dipagi hari biasa dilakukan di rumah ataupun di sekolah. Sarapan yang dilakukan di rumah dilakukan antara pukul 06.00 hingga pukul 07.00 sebelum berangkat sekolah atau belajar bagi siswa. Sarapan di sekolah biasanya dilakukan dengan membawa bekal yang di buat sendiri dan disajikan dengan menu yang beragam setiap harinya. Setiap harinya menu selalu beragam agar anak tidak bosan.
     Bekal sarapan dibuat oleh orang tua dengan penuh kasih sayang. Betapa sayangnya orang tua terhadap kita akan memenuhi bekal untuk sarapan. Bekal sarapan pastinya dibuat dengan penuh harapan agar masakan yang dibuat untuk bekal di makan hingga habis. Bekal sarapan hingga habis akan membuat senang para orang tua kita, sehingga keesokan harinya akan dibuatkan yang lebih baik lagi dan semenarik mungkin.
      Penyajian bekal untuk sarapan diharapkan bervariasi. Variasi itu akan membuat agar anak tidak jenuh terhadap apa yang dimakannya. Dengan menu bervariasi akan menimbulkan semangat baru dalam menumbuhkan selera makan. Menu sarapan biasanya bermenu nasi, lauk pauk, sayur. Keesokan harinya bisa diganti menu lainnya yaitu nasi goreng, telur dan sayur. Atau bisa menggunakan menu yang lainnya sesuai dengan kesukaan anak.
       Membiasakan sarapan sebelum belajar. Belajar membutuhkan asupan makanan untuk menunjang energi kita dalam menyerap ilmu. Dengan kebiasaan sarapan di pagi hari sebelum belajar, kita membiasakan diri disiplin dan selalu menjaga kesehatan diri. Belajar membuat lebih berkonsentrasi dan membuat lebih nyaman.
       Ada beberapa karakter yang muncul dengan sarapan. Dalam upaya pembiasaan sarapan dipagi hari, akan mewujudkan pendidikan karakter pada siswa. Karakter yang dimunculkan dari sarapan adalah mandiri (dengan membiasakan diri), gotong royong (dengan kebersamaan sarapan bersama di sekolah) dan integritas (dengan menunjukkan kepribadian siswa).
         Di Sekolah Dasar Negeri Ditotrunan 01 Kecamatan Lumajang sekarang ini telah mencanangkan program sarapan bersama di sekolah. Dengan berbagai menu yang dibawa dalam bekal sarapan oleh siswa-siswi akan membawa kebersamaan. Dengan melaksanakan sarapan pagi membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di sekolah.
        Dengan kegiatan ini akan membawa kebiasaan bagi siswa untuk selalu sarapan dipagi hari. Agar semakin cerdas, sehat dan berbudi luhur akan dilakukan sarapan sehari-hari. Sarapan menjadikan siswa-siswi SDN Ditotrunan 01 Kecamatan Lumajang lebih disiplin dan maju.


Krisna Hadi, S.Pd.
SDN Ditotrunan 01 Lumajang
085236301193




No comments:

Post a Comment